Minggu, 21 Desember 2014

STUDI KASUS PEMODELAN PROSES BISNIS



1.        Prosedur Penjualan Jasa Maintenance Sistem Aplikasi Rumah Sakit Pada CV TEN

A.       Prosedur yang berjalan saat ini (current system) pada CV TEN  adalah sebagai berikut:
1)        Tahap penawaran jasa maintenance
2)        Tahap penandatanganan kontrak Kerjasama
3)        Tahap pelaksanaan pekerjaan (implementasi)
4)        Tahap pembayaran jasa maintenance

a.         Proses Penawaran Jasa Maintenance
1)      Sales marketing menawarkan jasa maintenance ke rumah sakit yang ada di daftar perusahaan. Pada tahap ini, sales marketing menjelaskan tentang jasa maintenance yang akan dikerjakan. Termasuk pengembangan sistem aplikasi rumah sakit atau penambahan modul yang ada di dalamnya, serta pemeliharaan database sistem aplikasi rumah sakit. Penawaran ini dilakukan dengan cara mengunjungi langsung bagian IT di rumah sakit yang bersangkutan dan melalui email.
2)      Apabila pihak rumah sakit setuju untuk menggunakan jasa maintenance, mengirimkan undangan untuk melakukan pertemuan lebih lanjut.
3)      Sales marketing melaporkan order yang diterima kepada project manager untuk melakukan perhitungan penawaran sesuai dengan project yang diminta oleh klien.
b.         Proses Penandatanganan Kontrak Kerjasama
1)   Project manager melakukan pertemuan dengan pihak rumah sakit untuk membahas mengenai jasa yang diinginkan dan proses penawaran harga sesuai dengan jasa tersebut. Pada proses ini dibuat dokumen penawaran harga.
2)   Jika harga disepakati, perusahaan membuat surat perjanjian kerjasama (SPK) yang disetujui dan ditandatangani oleh kedua belah pihak, yaitu Direktur Perusahaan dan Direktur Rumah Sakit.
c.         Proses Pelaksanaan Pekerjaan
1)   Project manager membuatkan jadwal pelaksanaan pekerjaan kepada tim maintenance.
2)   Tim maintenance melakukan pekerjaan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang dibuat oleh Perusahaan.
3)   Tim maintenance membuat laporan pekerjaan yang telah dikerjakan untuk dijadikan dokumen lampiran dalam proses pembuatan invoice ke pihak rumah sakit.
d.        Proses Pembayaran Jasa Maintenance
1)   Bagian keuangan membuat invoice untuk klien yang dilampiri dengan laporan hasil pekerjaan dari tim maintenace yang menangani.
2)   Pihak rumah sakit melakukan proses pembayaran dan mengirimkan bukti pembayaran atau kuitansi kepada bagian keuangan.
3)   Bagian keuangan membuat laporan penerimaan pembayaran untuk dilaporkan kepada Direktur.

B.       Prosedur Sitem Usulan
a.         Proses penawaran jasa maintenance
1)   Bagian Marketing melihat data klien dan daftar paket yang tersedia dari database perusahaan.
2)   Membuat Surat Penawaran untuk diajukan kepada klien. Di dalam surat ini dijelaskan Jasa Maintenance yang dilakukan, jumlah Kunjungan Kerja, dan biaya jasa maintenance. Rincian biaya sudah ditentukan oleh perusahaan.
3)   Apabila pihak rumah sakit setuju dengan penawaran dan memutuskan untuk menggunakan jasa maintenance, Bagian Marketing melaporkan order yang diterima kepada Project manager untuk proses persetujan kerjasama.
b.         Proses penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK)
1)   Project Manager melakukan pertemuan kemudian membuat Surat Perjanjian Kerjasama (SPK). Apabila telah disepakati, maka SPK ditandatangani oleh kedua belah pihak, yaitu Direktur Perusahaan dan Direktur Rumah Sakit.
2)   SPK ini kemudian diinput ke dalam database perusahaan, kemudian Project Manager membuat Jadwal Tugas kepada Tim Maintenance untuk menangani tugas di setiap rumah sakit yang bekerjasama dengan Perusahaan.
c.         Proses Pelaksanaan Pekerjaan
1)   Tim maintenance melakukan pekerjaan sesuai dengan Jadwal Tugas yang telah dibuat.  Tim melakukan kunjungan ke rumah sakit yang telah ditentukan untuk melaksanakan tugas sesuai permintaan klien.
2)   Tim maintenance membuat laporan pekerjaan yang telah dikerjakan untuk dijadikan dokumen lampiran dalam proses pembuatan invoice ke pihak rumah sakit. Selain itu, sebagi data hasil pelaksanaan tugas ini diinput ke dalam database.
d.        Proses Pembayaran Jasa Maintenance
1)   Bagian keuangan membuat invoice untuk klien yang dilampiri dengan laporan hasil pekerjaan dari tim maintenance. Invoice ini adalah jumlah tagihan biaya setiap bulan.
2)   Pihak rumah sakit melakukan proses pembayaran dan mengirimkan bukti pembayaran kepada bagian keuangan.
3)   Bagian keuangan menginput data pembayaran dan membuat laporan penerimaan pembayaran untuk membuat Laporan Pembayaran.

2.        Use Case Diagram


3.        Flowchart





4.        Class Diagram


Tidak ada komentar:

Posting Komentar