Minggu, 21 Desember 2014

STUDI KASUS DATA WAREHOUSE

Setelah mempelajari mengenai Data Warehouse, seperti postingan sebelumnya mengenai Data Warehouse saya mendapatkan tugas Studi kasus mengenai Data warehouse. Tugas ini adalah tugas kelompok. Saya mencoba merancang Data Warehouse Rumah Sakit Kenari Graha Medika. Berikut pembahasannya.



Sumber Data
Sumber data  yang digunakan dalam perancangan data warehouse ini berasal dari satu sumber data dengan platform  database yang berbedabeda. Pengambilan data dari berbagai sumber ini dikarenakan adanya karakteristik dan sifat utama data warehouse yang mengambil sebagian data dari lintas aplikasi yang berbeda   dan   kemudian   mengintegrasikan   data tersebut ke dalam suatu gudang data. Sumber data tersebut adalah sebagai berikut:





Alat Penelitian
Untuk membuat desain dan implementasi data warehouse studi pemetaan daerah rawan bencana maka dibutuhkan komputer yang dilengkapi dengan software sebagai berikut:


Perancangan Arsitektur Data Warehouse

  

Arsitektur data warehouse rumah sakit Kenari Graha Medika Bogor dimulai dengan mengumpulkan datadata yang berkaitan dengan  informasi pasien pada masing-masing poliklinik yang  bersumber  dari berbagai  database  yaitu data kunjungan pasien, jenis kelamin, data obat, jumlah pasien, dan asal pasien (kelurahan/kecamatan/kota/propinsi).
Setelah data source dari berbagai database dikumpulkan, dilakukan ekstraksi terhadap data tersebut sesuai dengan kebutuhan data warehouse yang   akan   dibangun.   Dari   data   yang   sudah diekstraksi   dilakukan   proses   transformasi   data. Pada        proses   transformasi     dilakukan proses perapian data yang tidak konsisten, memperbaiki penamaan pada field, atribut dan lainlain.
Proses   selanjutnya   adalah   data   loading   ke dalam gudang data yang sudah dibangun dengan menggunakan  script  yang  ada  di  SQL. Sehingga terbentuklah  sebuah  data  warehouse  yang  siap digunakan untuk menghasilkan informasi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar