Minggu, 21 Desember 2014

STUDI KASUS IDENTIFIKAS RISIKO BISNIS

Pada mata kuliah Pemodelan Proses Bisnis, ada pembahasan mengenai Identifikasi Bisnis. Dosen pengampu mata kuliah tersebut memberikan tugas untuk menganalisa identifikasi risiko yang terjadi di dalam film yang bertema bisnis.

saya mencoba menganalisa sebuah film yang berjudul Moneyball. Film ini bercerita tentang seorang manager klub Baseball kecil yang berdana terbatas. Berikut adalah hasil analisanya.

Keputusan Billy Beane, seorang GM (General Manager) Oakland Athletic, sebuah klub baseball kecil, dan asistennya, Peter Brand menerapkan teori penghitungan kemampuan pemain dan hal-hal lain dalam tim lewat statistik dan angka-angka merupakan suatu keputusan yang sangat berisiko. Risiko yang akan ditimbulkan adalah:

1. Ditentang oleh para petinggi tim. Hal ini bisa mengganggu pekerjaan Billy dalam menatur timnya. Kepercayaan yang berkurang bisa menyebabkan tekanan yang luar biasa pada seorang GM untuk melakukan tugasnya dengan baik. Hal ini bisa menyebabkan kegagalan dalam menjalankan usaha yang sudah direncanakan.

2. Cara yang dipakai dalam memilih pemain terbilang cukup baru. Masih belum banyak yang percaya akan keberhasilan cara tersebut. Cara ini bisa berakibat fatal dalam tim. Kesalahan dalam menentukan pemain akan mengakibatkan kegagalan bagi tim dan kekecewaan yang sangat luar bisa bagi pendukung tim tersebut. Risiko bagi seorang Billy Beane dan Peter Brand adalah dipecatnya mereka dari pekerjaan, selain itu mereka sulit mendapat kepercayaan untuk menempati posisi yang sama. Banyak tim yang menilai mereka gagal dan bisa menghancurkan tim dengan cara yang mereka lakukan, serta pertentangan mereka dengan para petinggi tim.


Dari tugas ini diharapkan dapat melihat risiko yang dihadapi dalam setiap proses bisnis yang dilakukan. Hal ini sangat penting dalam dunia Sistem Informatika. Jika ingin membangun sebuah Proyek maka harus memperhatikan risiko apa yang akan terjadi setelah proyek itu selesai agar bisa dipikirkan jalan keluarnya sebelum terjadi.

Semoga artikel Studi Kasus ini bermanfaat bagi teman-teman sekalian.... :D






Tidak ada komentar:

Posting Komentar